Program Magister (S-2) Pendidikan Fisika (Master Program in Physics Education), Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta mendapat ijin operasional dari Dirjen Dikti Depdiknas SK No. 4182/D/T/2004 tertanggal 22 Oktober 2004 (diperbaharui tanggal 29 Oktober 2008, dan perpanjangan ijin tanggal 10 Nopember 2011, dan pada tanggal 27 April telah mengajukan akreditasi ke BAN PT sehingga saat ini tinggal menunggu visit dari BAN PT), merupakan program pascasarjana pertama di Indonesia dalam bidang Pendidikan Fisika, dan dibuka mulai Tahun Akademik 2005/2006. Dalam proses pendiriannya, studi kelayakan dilakukan bukan hanya di dalam negeri melainkan juga di luar negeri, antara lain melalui international workshop di University of Kassel, Jerman dengan bantuan dari DAAD Jerman. Hingga saat ini telah lulus 46 orang.

Program Magister Pendidikan Fisika terbuka bagi siapa saja yang memenuhi syarat tanpa memandang latar belakang suku, agama dan golongan.

Mahasiswa baru dapat masuk mulai Semester Gasal atau Semester Genap. Pendaftaran dilayani setiap hari kerja (disarankan telefon/sms dulu ke hotline service). Kegiatan perkuliahan reguler dimulai bulan September (untuk masuk pada semester gasal) dan bulan Maret (untuk masuk pada semester genap). Sebulan sebelum perkuliahan reguler dimulai, untuk mahasiswa baru diselenggarakan matrikulasi untuk penyegaran dan persiapan yang lebih matang, kecuali bagi calon mahasiswa yang dinyatakan bebas matrikulasi.

Calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar untuk masuk pada Semester Ganjil tahun akademik 2017/2018, pendaftaran dilayani hingga 10 Agustus 2017 jika diwajibkan matrikulasi, atau  15 Agustus jika bebas matrikulasi.Calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar untuk masuk pada Semester Genap tahun akademik 2017/2018, pendaftaran dilayani hingga 10 Februari 2018 jika diwajibkan matrikulasi, atau 27 Februari 2018 jika bebas matrikulasi. Blanko pendaftaran dapat diperoleh melalui klik pada menu UNDUHAN kemudian dilihat di bagian bawah terdapat file Formulir Pendaftaran S2 P.Fisika.doc. Silahkan download, diprint dan diisi kemudian dikirim atau disampaikan ke TU prodi. 

Disediakan berbagai fasilitas khusus, antara lain:

  • Layanan praktikum brbasis IT.
  • Target 4 semester selesai
  • Disediakan hot spot area untuk mengakses internet secara gratis dari laptop.
  • Kuliah reguler diselenggarakan hari Jumat s.d. Ahad atau sesuai kesepakatan untuk memungkinkan mahasiswa yang bekerja/mengajar tetap dapat bekerja/mengajar pada hari-hari lain.
  • Kuliah dan pelayanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT).
  • Bimbingan untuk mahasiswa oleh dosen berpengalaman (Doktor lulusan AS, Jerman, dan Inggris) dalam penulisan makalah ilmiah untuk seminar nasional atau jurnal ilmiah.
  • Dengan bimbingan profesional dan penelitian intensif, bagi mahasiswa yang berprestasi tinggi dan aktif dimungkinkan lulus 3 semester.

Perhatian Pendaftaran berakhir tgl 10 Agustus 2017