PROFIL LULUSAN DAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

JENJANG : S2

PROGRAM : Magister Pendidikan Fisika

  • Visi Program Magister Pendidikan Fisika UAD

Pada tahun 2030 menjadi Program Magister Pendidikan Fisika kuat dalam penanaman konsep fisika, unggul dalam penggunaan IT untuk mendukung pembelajaran Fisika, berwawasan global, dan dijiwai dengan nilai islam.

  • Misi Program Magister Pendidikan Fisika UAD

Berdasarkan visi tersebut Program Magister Pendidikan Fisika mengemban misi:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan bidang Pendidikan Fisika yang kuat dalam penguasaan konsep didukung media pembelajaran berbasis IT, berwawasan global sejalan dengan moral islam.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang fisika dan pendidikan fisika yang mendukung pembelajaran yang inovatif.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan fisika yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan fisika dengan sesama lembaga di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah dan lembaga lain baik nasional maupun internasional.

  • PROFIL LULUSAN
  1.  Sebagai guru Fisika yang mampu menyampaikan materi fisika dengan konsep fisika yang benar menggunakan IT sesuai perkembangan teknologi mutakhir dan landasi nilai-nilai Islam.  Selain itu lulusan dapat menjadi guru fisika yang mampu melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengandalian proses pembelajaran sehingga mampu menghasilkan peserta didik yang kuat dalam konsep fisika, unggul dalam penggunaan IT dengan berlandaskan nilai-nilai Islam.
  2.  Sebagai dosen Fisika yang mampu menyampaikan materi fisika dengan konsep fisika yang benar menggunakan IT sesuai perkembangan teknologi mutakhir dan landasi nilai-nilai Islam. Selain itu dosen fisika juga dapat melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengandalian proses pembelajaran sehingga mampu menghasilkan peserta didik yang kuat dalam konsep fisika, unggul dalam penggunaan IT dengan berlandaskan nilai-nilai Islam.
  3.  Sebagai peneliti yang dapat menghasilkan karya-karya inovasi di bidang fisika.
  • SIKAP DAN TATA NILAI
    1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    2. Memiliki moral, etika, etos kerja, dan tanggung jawab yang tinggi terhadap tugas serta bangga menjadi pengembang dan peneliti di bidang pendidikan fisika
    3. Berpikirterbuka, kritis, inovatif, kreatif dan percaya diri dalam mengembantugasnya sebagai pendidik dalam bidang fisika 
    4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain 
  • Menjunjung tinggi penegakan hukum dan memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
  • PENGUASAAN PENGETAHUAN
  1. Menguasai metodologi penelitian pendidikan fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif 
  2. Menguasai filosofi pendidikan dan teori belajar berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skills) pada pembelajaran fisika 
  3. Menguasai konsep dan prinsip ilmu fisika lanjut 
  4. Menguasai berbagai alternatif pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran fisika berorientasi pada pendekatan inter atau multidisipliner.
  • KETERAMPILAN KHUSUS
  1. Mengembangkan model pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skills) pada pembelajaran fisika 
  2. Mengidentifikasi dan memecahkan problematika pendidikan dan pembelajaran fisika dengan menggunakan berbagai pendekatan inter atau multidisipliner 
  3. Melakukan penelitian pendidikan fisika dalam mengembangkan pengetahuan dan teknologi dengan pendekatan kuantitatif dankualitatif untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji 
  4. Mempublikasikan karya ilmiah di tingkat nasional dan atau internasional berdasarkan hasil penelitian pendidikan fisika
  • KOMPETENSI LAINNYA
    1. Berwawasan global melalui materi kuliah, penyampaian beberapa matakuliah secara bilingual, kursus bahasa, serta penyediaan literatur.
    2. Nilai keislaman terintegrasi pada materi kuliah, tata tertib mahasiswa di lingkungan kampus, penyediaan lingkungan kampus yang islami dan didukung oleh beberapa kajian keislaman baik rutin maupun temporer dalam bentuk kuliah umum dan kuliah perdana yang mengintegrasikan Islam dan sains. Selain itu setiap tahun dilaksanakanprogram pemberdayaan ummat (prodamat) yang berisi kuliah dan penugasan lapangan secara berkelompok. Aktivitas ini diberi bobot 0 sks sebagai sertifikasi ketrampilan.
    3. Kematangan lulusan dalam bingkai integritas moral dan intelektual dalam suasana keislaman.
    4. Pemahaman tentang tanggung jawab professional serta responsif terhadap perkembangan di masyarakat.
    5. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif.
    6. Kemampuan melakukan evaluasi proses pembelajaran dan melakukan perbaikan
  • Kesadaran untuk menyebarluaskan hasil penelitian kepada masyarakat.

  • PENGGUNA

Profil pengguna dimana para alumni menempuh karir mereka adalah pada instansi pemerintahan baik pada tingkat pemerintahan pusat, propinsi, kabupaten serta bidang pendidikan di tingkat Universitas, SMA, dan SMP.

  • KEUNGGULAN LULUSAN

Penggunaan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang dibutuhkan dunia pendidikan. Program Studi Magister Pendidikan Fisika kuat dalam penguasaan konsep fisika, unggul dalam penguasaan teknologi pembelajaran, berwawasam global dan dijiwai nilai-nilai islam

Kampus 2

Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Pramuka No.42, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Telepon : (0274) 563515
Telepon : +62 813-9030-2459
Email : pascafisika[at]uad.ac.id

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960