Yogyakarta, 4 Agustus 2020. Program Studi Magister Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan bekerja sama dengan dengan Asosiasi Guru Fisika Indonesia (AGFI) mengadakan kegiatan Webinar Penulisan Rumus Fisika dengan Cepat. Dalam kegiatan yang dilakukan melalui konferensi video menggunakan aplikasi Google Meet yang telah menarik minat para peserta sebanyak 238 orang. Peserta yang terlibat terdiri dari berbagai macam kalangan mulai dari mahasiswa, guru hingga dosen. Selama acara webinar berlangsung, Kaprodi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan Dr. Moh. Toifur, M.Si bertindak sebagai pemateri. Narasumber memaparkan materi penulisan rumus fisika menggunakan fitur Microsoft Equation 3.0 pada Microsoft Word.

Penulisan rumus fisika pada Microsoft Word seringkali ditemui kesulitan dalam mengaplikasikannya. Terlebih hal tersebut memakan waktu yang tidak sedikit jika hanya mengandalkan mouse pada PC atau Laptop. Pemateri menyampaikan bahwa keterampilan dalam penulisan rumus fisika pada Microsoft Word sangat dibutuhkan agar rumus fisika dapat ditulis dengan benar dan efektif. Melalui instruksi dengan keyboard, penggunaan Microsoft Equation pada Microsoft Word menjadi lebih mudah. Berbagai instruksi keyboard membantu dalam menulis simbol-simbol fisika yang telah tersedia di Microsoft Equation. Pemateri menjelaskan secara detail mulai dari membuka Microsoft Word hingga pengaplikasian Microsoft Equation sehingga para peserta terlihat antusias.

Program studi Magister Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan menyiapkan para mahasiswa dan dosen dapat memaksimalkan teknologi dalam pembelajaran. Hal tersebut disampaikan oleh pemateri bahwa penguatan konsep fisika harus sejalan dengan pengoptimalan IT. Oleh karena itu, keterampilan dalam penulisan rumus fisika dengan benar dan cepat sangat dibutuhkan dalam mendukung penyampaian materi pembelajaran agar tidak terjadi miskonsepsi.

 

Materi webinar klik disini