Pada tanggal 26 sampai dengan 28 Februari 2018 Magister Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan dibantu Himpunan Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Fisika mengadakan kunjungan ilmiah ke Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesi (UPI) dan Observatorium Bosscha Bandung. Pada kunjungan ilmiah ini di angkat sebuah tema yaitu “Berani Belajar, Berani Mengembara untuk Memperoleh Hasil”. Dari tema tersebut diharapkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan dapat memperoleh pengalaman, pengetahuan, wawasan baru dan hasil yang baik dari kunjungan ilmiah ini.
Kunjungan ilmiah ini diikuti oleh 22 peserta serta didampingi oleh ketua program studi magister pendidikan fisika Universitas Ahmad Dahlan bapak Dr.Moh.Toifur, M.Si, dosen magister pendidikan fisika bapak Yudhiakto Pramudya, Ph.D dan staff prodi magister pendidikan fisika ibu Dewi Parwanti. Rombongan berangkat dari Yogyakarta pada minggu malam, tiba di Bandung senin pagi tepatnya di Masjid Salman ITB untuk mandi dan sarapan. Setelah selesai sarapan rombongan segera berjalan menuju gedung fisika ITB. Sesampainya disana rombongan disambut dengan ramah dan hangat. Perwakilan dari pihak ITB adalah bapak Dr. Irfan Dwi Aditya, dan bapak Dr. Novitrian. Saat kunjungan di ITB bapak Dr. Novitrian menjelaskan beberapa kurikulum yang terdapat di Program Magister Pengajaran Fisika dan beberapa perbedaan antara Pengajaran dan pendidikan. Terdapat perbedaan Mata Kuliah yang diterapkan di Program Magister Pengajaran Fisika ITB dengan Program Studi Magister Pendidikan Fisika UAD. Dari kunjungan ilmiah yang dilakukan di ITB bertambah wawasan serta pengetahuan reseach yang dilakukan di Program Magister Pengajaran Fisika ITB. Setelah berjalan proses diskusi dan tanya jawab, rombongan diajak berkeliling laboratorium yang dimiliki program Magister Pengajaran Fisika ITB, setelah berkeliling rombongan kembali ke bis dan langsung melanjutkan perjalanan menuju Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Setelah sampai di UPI, rombongan disambut hangat oleh keluarga besar program studi magister pendidikan fisika UPI. Sama halnya di ITB, magister pendidikan fisika UPI menjelaskan beberapa sistem kurikulum yang berjalan di PPS pendidikan fisika UPI. Setelah sharing beberapa program dan kulikurum yang terdapat di kedua PPS, rombongan diantar berkeliling melihat laboratorium yang terdapat di PPS pendidikan fisika UPI dan fasilitas penunjang lainnya. Tak lupa rombongan melakukan sesi foto bersama dengan kepala program studi pendidikan fisika UPI, setelah melakukan sesi foto rombongan berpamitan untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya.

Tujuan selanjutnya adalah menuju penginapan yang letaknya tidak jauh dari Universitas Pendidikan Indonesia. Sesampainya di penginapan, rombongan dipersilakan beristirahat dan menunggu jam makan malam. Keesokan harinya, rombongan siap melakukan kunjungan ke tiga yakni ke Bosscha. Butuh waktu kurang lebih satu jam dari penginapan menuju Bosscha. Setelah sampai di Bosscha, rombongan dipersilakan memasuki ruang  untuk memperoleh ilmu tentang astronomi dan sejarah tentang Observatorium Bosscha yang dipaparkan oleh Bu Vera. Banyak sekali ilmu baru yang diperoleh dari rasi bintang, sejarah terbentuknya Observatorium Bosscha, hingga aplikasi yang digunakan untuk menunjang pembelajaran astronomi di sekolah, contohnya dapat menggunakan aplikasi Stellarium. Selanjutnya rombongan diajak ke salah satu gedung fenomenal yang ada di Observatorium Bosscha, yaitu gedung Koppel. Gedung tersebut merupakan gedung dengan teleskop terbesar di Observatorium Bosscha yaitu Teleskop Refraktor Ganda Zeiss. (sss)