Kuliah Umum “Inovasi Teknologi dalam Pengembangan Astronomi Inklusi”

Senin, 11 November 2019, Universitas Ahmad Dahlan sebagai universitas yang dimanahi oleh Majelis Ulama Tarjih Muhammadiyah dalam pengembangan SAINS kembali hadir dalam melaksanakan kegiatan kuliah tamu dengan tema “Inovasi Teknologi dalam Pengembangan Astronomi Inklusi”. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.00 WIB sampai selesai yang bertempat di Amphitarium Lantai 9 kampus  4 Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan kuliah umum ini dibawakan oleh Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, M.Sc. yang menjabat sebagai Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). kegiatan ini merupakan bentuk mitra kerja sama antara UAD dengan LAPAN dalam bidang pendidikan maupun dalam penelitian utamanya dalam hal Astronomi. Hal ini merupakan komitmen dari Universitas Ahmad Dahlan untuk terus mengebangkan pendidikan dalam bidang sains tak terkecuali Astronomi untuk bisa dinikmati oleh masyarakat luas tanpa terkecuali. Komitmen ini diwujudkan dalam kurikulum pendidikan UAD yang menjadikan Astronomi sebagai mata kuliah peminatan mahasiswa baik pada tingkat strata satu maupun kurikulum pada tingkat Magister seperti yang disampaikan oleh Dr. Muclas, MT dalam sambutan yang disampaikan pada Kuliah Umum tersebut.

Materi Kuliah Umum

Dalam kuliah umum yang diselenggaraan dikampus 4 UAD tersebut Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, M.Sc menyampaikan bagaimana LAPAN menjadi Lembaga pengembangan pendidikan yang sifatnya inklusif. beliau menabahkan bahwa astronomi inklusi sejalan dengan program UAD yang mengembangkan Astronomi secara inklusif. Astronomi merupakan suatu cabang ilmu yang diharapkan bisa mempersatukan dan menjadi pemacu untuk mencintai sains, mengeksplorasi alam raya, dan mengembangkan teknologi. 

Peserta Kuliah Umum

kuliah umum ini dihadiri dari berbagai kalangan diantaranya dari magister pendidikan fisika, pendidikan fisika, fisika, pendidikan agama islam, teknik olerktro dan masih banyak banyak lgi. selain dari Universitas Ahmad Dahlan sendiri, terdapat juga peserta diluar lingkungan UAD seperti yang hadir dari Universitas Sarjanawiata Tamansiswa, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Dinas Pariwisata Yogyakarta, MGMP seyogyakarta, Kepala SLB sekota Yogyakarta, Biro Lembaga UAD dan kepala pusat Tarjih Muhammdiyah. Selain daripada itu, dihadiri juga oleh para siswa yang difabel untuk mengukuti kegiatan tesebut.