Kunjungan ilmiah mahasiswa dimaksudkan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai aplikasi materi yang didapat di bangku kuliah. Kunjungan ilmiah dari mahasiswa magister pendidikan Fisika UAD ke BATAN secara khusus ditujukan agar  mahasiswa lebih paham tentang teknologi nuklir dan akselelator. Kedatangan peserta kunjungan disambut oleh Ir. Puradwi Ismu Wahyono, DEA selaku plt. Kepala Pusat Sains dan Teknologi Akselerator. Dalam kunjungannya ke BATAN, para peserta diajak mengunjungi akselerator dan reaktor kartini

Pada saat berada di reaktor Kartini, peserta diberi penjelasan mengenai komponen reaktor Kartini beserta fungsinya, sistem kerja reaktor nuklir, dan dasar-dasar reaksi nuklir dalam reaktor. Peserta juga mendapat pengetahuan mengenai cara mengoperasikan reaktor Kartini, cara bekerja dengan reaktor, serta hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keselamatan kerja. Pada saat berada di akselerator, peserta diberi penjelasan mengenai sistem kerja, cara pengoperasian, serta hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keselamatan kerja saat mengoperasikan akselerator.

Faktor keselamatan dan kesehatan merupakan aspek utama yang diperhatikan oleh pihak BATAN, krenanya dalam bekerja dengan alat-alat di Batan, para karyawan diwajibkan memakai detektor untuk mendeteksi kadar radiasi yang diterima selama bekerja. Detektor ini diperiksa setiap tiga bulan sekali. Di samping itu, sebagai tindak preventif guna meminimalisir kadar radiasi yang diterima, maka ketika berada di lingkungan reaktor Kartini setiap orang diharuskan memakai pakaian khusus pelindung radiasi. 

Melalui kegiatan kunjungan tersebut peserta mendapat berbagai pengetahuan mengenai penggunaan nuklir. Peserta menjadi paham bahwa ternyata nuklir aman untuk digunakan asal cara pemanfaatannya memenuhi aturan keselamatan kerja yang berlaku. BATAN berharap agar UAD menjadi motor penyerapan, perngembangan, serta deseminasI ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir agar masyarakat mengetahui, memahami, dan dapat memanfaatkan kelebihan teknologi nuklir. Pihak BATAN mengaku bangga dan berterimakasih atas kunjungan dari UAD ke BATAN yg sudah scara rutin dilakukan setiap tahun serta menyambut dengan baik jika mahasiswa Magister Pendidikan Fisika UAD berminat melakukan penelitian di BATAN.

https://www.youtube.com/watch?v=OGGM9gw3zCg