Banten, Selasa 2 Februari 2021. MGMP Pendidikan Fisika Kabupaten Bekasi bekerja sama dengan Magister Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan, telah melaksanakan Webinar Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Math). Pembicara dalam acara ini merupakan Sekretaris Prodi Magister Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan, Okimustava, M.Pd.Si.

Pelatihan yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom diikuti oleh para guru yang berjumlah 30 orang. Dalam pelatihan ini, pembicara dibantu oleh team menjelaskan STEM (Science, Technology, Engineering and Math) yang diintegrasikan dengan alat peraga Mobil Mainan bertenaga Angin dan aplikasi Tracker. Pembuatan Mobil Mainan bertenaga Angin memanfaatkan alat dan bahan yang tersedia di sekitar kita sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika. Melalui webinar ini, Mobil Mainan bertenaga Angin dijelaskan secara langsung oleh team dan kemudian direkam melalui camera atau smartphones. Hasil rekaman video tersebut kemudian dianalisis melalui aplikasi Tracker. Dalam STEM yang meliputi Science yaitu pembelajaran fisika, Technology yaitu penggunaan Tracker, Engineering  yaitu pembuatan Mobil Mainan bertenaga Angin dan Math yaitu perhitungan persamaan fisika sangat berperan penting dalam membuat inovasi pembelajaran. Antusiasme peserta terlihat dari awal hingga akhir webinar melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan terkait penggunaan Tracker untuk analisis video.

Program studi Magister Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan menyiapkan para mahasiswa dan dosen dapat memaksimalkan teknologi dalam pembelajaran. Hal tersebut disampaikan oleh pemateri bahwa penguatan konsep fisika harus sejalan dengan pengoptimalan IT. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi seperti Tracker sangat dibutuhkan dalam mendukung penyampaian materi pembelajaran fisika agar tidak terjadi miskonsepsi.

Download Materi PPT